Adopsi teknologi digital sebagai instrumen pengajaran kini wajib dilakukan untukmenyesuaikan dengan perkembangan zaman. Pada situasi demikian, penting bagi para civitas akademika untuk memiliki kompetensi digital agar bisa menggunakan media yang ada secara lebih produktif dan bertanggung jawab. Menanggapi hal tersebut Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) hendak mengadakan focus group discussion dengan para dosen dari berbagai universitas di Indonesia. Kegiatan ini akan menjadi wadah kolaborasi dan diskusi antara pemerintah, peneliti, dan akademisi berkaitan dengan tantangan, upaya, dan media yang efektif digunakan dalam proses integrasi teknologi di era digitalisasi pendidikan ini.

CIPS mengundang dosen perguruan tinggi dalan jaringan FKP untuk mengikuti diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion) yang akan membahas:

  1. Sudah sejauh mana adopsi teknologi digital dalam pendidikan tinggi di Indonesia saat ini
  2. Bagaimana gambaran kemampuan penggunaan teknologi digital yang dimiliki dosen dan mahasiswa saat ini
  3. Bagaimanakah upaya perguruan tinggi untuk meningkatkan kompetensi literasi digital dosen dan mahasiswanya
  4. Konten-konten daring seperti apa yang sejauh ini dirasa bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa untuk mendukung pembelajaran

Pembicara

– Profesor Nizam (Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)
– Nadia Fairuza Azzahra (Center for Indonesian Policy Studies)

Rabu, 17 Mei 2023 jam 09.00 – 12.45 WIB

Acara ini akan berlangsung secara hibrida di Jakarta. Kehadiran luring terbatas pada undangan dosen perguruan tinggi. Terms of reference: TOR FKP 2023 05 17

Registrasi (first come, first served basis): https://cutt.ly/DPT-17May

Photo by Compare Fibre on Unsplash