Kepemimpinan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk pencapaian dan perkembangan siswa. Fakta global di berbagai negara menunjukkan bahwa posisi kepemimpinan di sekolah masih didominasi oleh laki-laki. Padahal perempuan juga memiliki kemampuan yang sama untuk menjadi pemimpin di sekolah. Sebagai contoh, studi dari UNICEF dan beberapa organisasi mulai menunjukkan bukti terbatas terkait capaian pembelajaran bagi anak laki-laki dan perempuan yang lebih baik di sekolah-sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah perempuan. Terkait dengan representasi, jumlah kepemimpinan perempuan dan laki-laki pun disorot dalam hal ini. Bagaimana kondisi di Indonesia?

Dalam momentum International Women’s Day 2023, Program INOVASI mengadakan diskusi publik ini dengan tujuan membangun diskursus untuk mendorong kepemimpinan perempuan di bidang pendidikan, serta membangun dialog untuk rekomendasi dukungan ataupun kebijakan di masa depan. Dalam diskusi ini akan dibahas kajian yang dilakukan oleh INOVASI bersama Cakra Wikara Indonesia, dan program yang dilakukan oleh INSPIRASI Foundation terkait kepemimpinan perempuan di sekolah, serta tanggapan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi danĀ  Kementerian Agama (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam) atas kajian dan program tersebut.

Jumat, 10 Maret 2023 pukul 14.00-16.00 WIB

Pembicara:

  • Anna Margret (Ketua Cakra Wikara Indonesia)
  • Dr Suharti (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi)
  • Dirga Ardiansa (Cakra Wikara Indonesia)
  • Cici T Wanita (INSPIRASI Foundation)
  • Dr Praptono (Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi)
  • Dr Muhammad Zain (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama)

Acara akan berlangsung secara daring. Tersedia alih bahasa ke Bahasa Isyarat dan Bahasa Inggris. Registrasi: https://bit.ly/fkp0310

Foto thumbnail oleh ochimax studio/Unsplash