Bincang-bincang dengan Profesor (emeritus) Emil Salim (Universitas Indonesia), Profesor Armida Alisjahbana (Universitas Padjadjaran dan UN ESCAP) dan Isna Marifa (konsultan) dipandu oleh Profesor Budy Resosudarmo (ANU Indonesia Project)

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang juga mengutamakan kepentingan generasi mendatang dengan menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam serta memperhatikan aspek sosial. Berbeda dengan pembangunan ‘konvensional’, pembangunan berkelanjutan menempatkan pembangunan lingkungan dan sosial sejajar dengan pembangunan ekonomi. Untuk itu, proses pengembangan kebijakan pembangunan yang melibatkan kemitraan yang luas, termasuk didalamnya pihak pemerintah, swasta dan komunitas, diperlukan.  Mekanisme pasar biasa tidak selalu dapat mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan seringkali mengorbankan pembangunan modal sosial (social capital) dan modal sumberdaya alam (natural capital).

Bincang-bincang ini akan membahas beberapa isu terkait pembangunan berkelanjutan di Indonesia, antara lain: sejauh mana saat ini Indonesia telah melaksanakan pembangunan berkelanjutan? Apa yang dapat dilakukan agar Indonesia dapat melanjutkan dan terus mengembangkan agenda pembangunan berkelanjutan? Bagaimana capaian pembangunan berkelanjutan Indonesia di bandingkan dengan negara-negara lain? Apa yang diperlukan dari sisi kelembagaan: aktivisme masyarakat, prilaku pebisnis, serta peran komunitas dan akademisi? Bagaimana peran masyarakat dan lembaga/kesepakatan internasional?

Unduh e-book gratis: Pembangunan Berkelanjutan: Peran dan Kontribusi Emil Salim

Kamis, 14 Januari 2020, 10.00-11.30 WIB

Gratis dan terbuka untuk umum. FKP tidak menyediakan sertifikat bagi peserta.