FKP dengan tuan rumah Badan Pusat Statistik dengan presentasi dua penelitian terkait COVID-19 dan mobilitas penduduk, turisme, dan ketimbangan gender.

1) Impact of COVID-19 on people mobility, tourism, and shopping behaviours in Indonesia

Setia Pramana (Badan Pusat Statistik)

Coronavirus disease (COVID-19) pandemic has affected the whole world not only on public health but also on the economy and other sectors.  All countries affected have made several policies to confine the spread of the disease. Indonesian government enforces a work from home policy and large-scale social restriction in most of the regions which has impacted the changing of community mobility in various place categories and also online shopping behaviors. The seminar will discuss the impact of large scale restriction policy in response to COVID-19 on people mobility, and its impact on tourism sectors and also online shopping behaviors based on several Big Data sources.

2) Ketimpangan gender dan pandemi COVID-19: risiko potensial dalam pembangunan manusia

Ema Tusianti (Badan Pusat Statistik)

Menurut UNDP (2020), COVID-19 berdampak pada setiap orang, namun perempuan dan anak perempuan menghadapi dampak yang lebih spesifik akibat stereotype, norma sosial dan perbedaan power relation antar keduanya. Dengan adanya COVID-19, perempuan telah kembali ke peran tradisional. Adanya kebijakan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan aktivitas bekerja di rumah – Work From Home (WFH) dan School From Home (SFH) – memperkuat peran ganda perempuan. Pada skala makro, kondisi ini tidak hanya berdampak sosial jangka panjang tetapi akan memengaruhi perekonomian.

Di Indonesia, COVID-19 telah menyebar ke seluruh provinsi namun dengan tingkat penyebaran yang berbeda-beda. Di sisi lain, kualitas manusia dan ketimpangan gender yang terjadi di setiap wilayah juga berbeda-beda sehingga risiko kapabilitas yang dihadapi perempuan juga bervariasi. Dengan membandingkan risiko kapabilitas perempuan antarwilayah dapat diperoleh gambaran daerah mana yang perlu mendapat perhatian, sehingga dampak negatif COVID-19 tidak akan terlalu memengaruhi capaian pembangunan gender dalam jangka panjang.

Kamis, 26 November 2020, 09.00-10.30 WIB

Ikuti lewat Zoom (registrasi diperlukan) http://bit.ly/fkp26november

Ikuti lewat YouTube: bit.ly/fkp-live

Thumbnail photo by Made Caesario on Unsplash